Kamis, 20 Oktober 2011

Email (Definisi, Sejarah, Contoh penyedia email gratis, Etika dll)


Definisi Email
Email adalah singkatan dari electronic mail yang berarti surat elektronik

Sejarah Email
Pada tahun 1971, seorang programer di ARPAnet, bernama Ray Tomlinson mengirimkan e-mail yang pertama di dunia. E-mail yang dikirimkan itu berupa e-mail tes yang menurut Ray isinya tidak penting dan tidak disimpan. Ia hanya mengingat isinya sebagai QWERTYUIOP. Karena itulah banyak orang yang menganggap isi e-mail pertama itu adalag QWERTYUIOP.

Penyedia Email gratis
1. Gmail
Gmail (http://gmail.com) adalah layanan email dari google.com. Gmail merupakan layanan email dan chatt. Gmail menyediakan ruang penyimpanan yang tidak terbatas. Jadi Anda tidak perlu takut kehabisan ruang untuk menyimpan email anda. Gmail memiliki banyak fitur seperti POP dan IMAP yang bisa dimanfaatkan untuk menggunakan email client seperti outlook express (termasuk microsoft outlook) maupun aplikasi handphone.
2. Yahoo Email Service
Yahoo merupakan perintis layanan email gratis sehingga memiliki banyak pengguna. Di samping layanan emailnya, yahoo juga banyak digunakan untuk chatting dengan aplikasi instant messenger atau sering disebut YM. Yahoo juga menyediakan ruang penyimpanan yang tidak terbatas, akan tetapi yahoo international dengan TLD .com tidak memiliki fitur POP dan IMAP. Layanan tersebut hanya terdapat pada Yahoo Regional seperti Yahoo.co.id untuk Indonesia.
3. AIM Mail
http://dashboard.aim.com/aim AIM Mail, layanan email gratis berbasis web dengan ruang penyimpanan tidak terbatas, perlindungan spam yang bagus dan antar muka yang mudah digunakan. AIM Mail juga menawarkan akses POP dan IMAP sehingga lebih fleksibel bagi anda yang mempunyai rutinitas tinggi dalam penggunaan email. Sayangnya AIM Email tidak memiliki kelebihan pada produktivitas seperti pelabelan, folder dan pembagian surat-surat.
4. Windows Live Hotmail
http://hotmail.com. Merupakan penyedia layanan email gratis dengan ruang penyimpanan sebesar 5 GB, sistem pencarian yang cepat, keamanan yang solid dan antar muka yang mudah digunakan sebagai program email desktop. Windows Live Hotmail selalu memeriksa email yang masuk dengan scanning virus sehingga lebih aman. Akan tetapi dengan jalanya fitur-fitur tersebut, kecepatan akses dikorbankan sehingga menjadi lebih lambat.
5. GMX Mail
http://www.gmx.com GMX Mail menawarkan akun email dengan ruang penyimpanan sebesar 5 GB dengan fitur POP sebaik layanan IMAP (untuk setting POP ke Microsoft Outlook, klik di sini). Dengan memiliki akun GMX Mail Anda juga bisa membaca akun email lain termasuk Yahoo, Gmail, dan Windows Live Hotmail.
Semua email yang datang otomatis akan discan untuk menyaring virus sehingga kotak masuk Anda akan berada dalam keadaan bersih dari virus. Selain fitur-fitur diatas masih banyak lagi yang ditawarkan GMX Mail untuk calon penggunanya.
*Catatan: selain GMX.COM, ada juga GMX.NET. Hanya saja yang GMX.net sejak tahun 2006 lalu sudah tidak bebas dimiliki oleh user yang berada di luar Swiss dan Jerman. Kebetulan saya memiliki akun ini sejak 2002, ketika masih boleh dimiliki oleh user dari negara lain. Sampai sekarang (GMX.NET) saya masih menggunakannnya. Hanya saja interface-nya berbahasa Jerman. Service-nya? OK!
6. Inbox.com
Inbox.com menawarkan layanan email gratis dengan ruang penyimpanan sebesar 5 GB (untuk warga Amerika Serikat, Canada, dan Inggris). Sedangkan untuk user dari negara lain hanya sebesar 2 GB. Namun dengan memiliki akun di Inbox.com kita akan mendapatkan homepage Inbox.com pribadi serta Online Photosharing dengan ruang penyimpanan sampai 30 GB.
7. Mail.com
http://www.mail.com Mail.com sangat bagus untuk sebuah nama domain email. Dengan mendaftar di Mail.com Anda bisa memilih bermacam-macam domain untuk email Anda. Akan tetapi layanan keamanan di mail.com lebih sedikit jika dibandingkan dengan layanan email lainnya.
8. My Own Email
www.myownemail.com Situs ini hampir sama dengan www.mail.com yang memberikan Anda keleluasaan memilih sejumlah nama domain untuk accaount email Anda. Kapasitas email yang diberikan oleh situs ini adalah 50 pesan, namun mereka memiliki beberapa fitur yang cukup baik, seperti Encrypt outgoing messages, Unlimited Signatures, Priority Notification, Signature Files, SpamFilter, dan sebagainya.
9. Easy.com
www.easy.com Menyediakan email gratis berkapasitas 3 MB, lengkap dengan fasilitas kalender
10. Excite.com
www.mail.excite.com adalah sebuah portal yang mirip yahoo, dimana Anda bisa menikmati berbagai layanan jika memiliki sebuah account di situs ini. Kapasitas yang disediakan adalah 3 MB. Saya pertama kali memiliki e-mail adalah dari penyedia layanan ini. Hanya saja, saat ini akun e-mail saya di sini sudah tidak aktif lagi.

11. Hush Mail

www.hushmail.com Situs ini menawarkan email gratis dengan fasilitas enkripsi untuk mengamankan lalu lintas email Anda. Sebelum mendaftar anda diwajibkan menginstal program Hush Encryption Engine di computer anda.

12. MyRealBox

www.myrealbox.com Situs ini menyediakan email gratis berkapasitas 10 MB. Keistimewaannya Anda bisa mengecek email Anda melalui program email client seperti Outlook Express dan sebagainya, menggunakan IMAP server sama seperti Hotmail.

13. Postmaster

www.postmaster.co.uk Situs yang berbasis di Inggris ini menyediakan email gratis berkapasitas 3 MB, dengan fitur-fitur tambahan seperti forum diskusi, poling, dan kartu ucapan.

14. Softhome

www.softhome.net. Lumayan juga. Meski loadingnya agak lambat. :-)
15. Eramuslim
mail.eramuslim.com adalah sebuah portal berita alternatif yang bernuansa keislaman dan berbahasa Indonesia. Selain berita dan beberapa rubrik lain, situs ini juga menyediakan layanan email gratis berkapasitas 5 MB.

16. Disctarra

www.disctarra.com Situs music terpopuler di Indonesia ini pun menyediakan email gratis yang cukup bagus.
17. MAIL.RU
http://mail.ru. Layanan penyedia e-mail gratis ini berbahasa Rusia. Kapasitas storage-nya hingga 10 GB. Bisa POP3. Saya memiliki akun e-mail ini sejak tahun 2003 sampai sekarang. Bagus layanannya. Hanya saja saat ini, proses daftarnya agak ribet. Karena usernya harus yang berdomisili di Rusia. Dulu masih bebas dari negara manapun.
18. TELKOM.NET
http://mail.telkom.net adalah layanan e-mail gratis dari TELKOM. Kapasitas simpan hanya 10 MB. Cukup cepat karena servernya di Indonesia. Interface-nya berbahasa Indonesia.
19. PLASA.COM
http://plasa.com kapasitas simpannya 10 MB.

Etika
1. benahi dulu susunan e-mail `forwards` Anda bila ingin mengirim kembali sebagian atau seluruh pesan pada pihak lain. Artinya, luangkan sedikit waktu untuk menghapus tanda “ atau “ yang biasanya muncul.
2. gantilah `Subject` atau judul e-mail bila topik pembicaraan Anda berubah. Sering kali setelah saling bertukar e-mail beberapa kali, topik pembicaraan berubah dari aslinya, namun `Subject` atau judul e-mail belum juga diganti. Akan jauh lebih mudah untuk melacak e-mail yang masuk bila `Subject` disesuaikan dan dapat mencerminkan isi e-mail.
3. hapuslah pesan `Reply` yang tidak perlu. Beberapa program e-mail secara otomatis memunculkan isi e-mail yang terdahulu bila Anda sedang membalas atau me-reply-nya. Ada baiknya Anda menghapus pesan tersebut dan hanya tinggalkan pesan yang benar-benar Anda anggap perlu.
4. jangan teruskan surat berantai. Anda tentu merasa terganggu dan jengkel bila seseorang mengirimi Anda sebuah e-mail tentang humor atau cerita-cerita, kemudian meminta Anda untuk meneruskannya dengan segera pada 10 teman Anda yang lain, atau bila tidak, maka Anda akan ketiban sial.Mengapa Anda juga bermaksud mengganggu dan membuat orang lain jengkel bila Anda meneruskan e-mail semacam ini? Hapus saja dengan menekan tombol `delete`.
5. hormati privacy orang lain. Ini termasuk juga alamat e-mail mereka. Bila Anda sedang mengirim e-mail ke sejumlah orang yang mungkin satu sama lain tidak saling mengenal, gunakan `bcc` atau blind carbon copy agar alamat-alamat e-mail mereka tidak saling diketahui. Bila Anda mudah mengirim e-mail ke banyak alamat sekaligus tanpa mempertimbangkan saran ini, maka bersiap-siaplah untuk dikomplain karena mereka menerima spam.
6. Jangan melakukan spam. Mungkin saja Anda tidak sengaja melakukannya, tetapi banyak orang tidak menyadari jika mereka menggunakan alamat-alamat e-mail yang mereka dapat dari `forwarded e-mail`, kemudian menggunakannya tanpa permisi, ini termasuk bentuk spam.
7. jangan berteriak-teriak. Menulis dengan mengaktifkan huruf besar (tombol `Caps Lock`) dapat diartikan sebagai pertanda kemarahan. Orang mungkin menganggap Anda sebagai pengguna internet yang tidak baik, atau tidak sopan sama sekali.
8. jangan mudah `terbakar`, over-reaksi, atau terburu-buru menghapus suatu e-mail tanpa berusaha memikirkannya dengan baik. Dalam bahasa tulis, kita memiliki waktu untuk memikirkan bagaimana kita merespons atas sesuatu e-mail yang membuat kita marah. Begitu juga dengan ber-e-mail ria. Bila Anda merasa dipenuhi dengan emosi yang kuat, kemudian menulis balasan dengan emosional pula, maka sebaiknya jangan buru-buru Anda kirim e-mail tersebut. Simpanlah dulu dalam `draft folder` selama beberapa hari untuk dibaca ulang. Banyak persahabatan yang hancur gara-gara terburu-buru menanggapi suatu e-mail tanpa berusaha memikirkannya dengan bijaksana.
9. bersabarlah dalam menunggu `reply`. Ketahuilah, orang tidak hanya hidup dengan internet. Mereka mungkin tidak membalas e-mail Anda dengan segera. Masih banyak orang yang mengecek e-mail sepekan sekali.
10. akuilah bahwa tidak semua orang senang menerima segala yang Anda anggap lucu. Jangan terus-menerus mengirimkan sesuatu pada mereka yang tidak pernah membalasnya, meskipun dengan ucapan terima kasih. Tidak semua orang setuju atau suka dengan materi yang kita forward-kan.

Manfaat Email
  • Kirim - terima surat elektronik
  • Kirim terima file/dokumen
  • Biaya murah tidak terpengaruh jarak
  • Sebagai tempat konfirmasi bila mendaftar di situs lain seperti Facebook, Twitter, Blog, dsb
  • Anda bisa membaca/mengirim email dimana saja dan kapan saja selama ada koneksi internet/gprs
Kekurangan Email
  • Hanya bisa dibuka (kirim/terima) di Komputer/mobile/handphone yang terkoneksi dg internet/gprs
  • Tidak seperti SMS, email tidak memiliki nada dering :) dan anda harus login serta mengecek kotak masuk (inbox) utk mengetahui adanya email baru.

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Hosting